Pulau Samosir

Adalah sebuah daratan yang terbentuk dari tekanan atas magma saat terjadinya ledakan Gunung Toba 75.000 tahun yang silam. Pulau Samosir sangat kaya dengan keindahan alam, sejarah serta budaya. Pemerintah Kabupaten Samosirpun menjuliki samosir dengan julukan Negeri Indah Kepingan Surga. Banyaknya potensi yang ada di Samosir menjadikannya selah satu destinasi pariwisata andalan yang ada di Provinsi Sumatera Utara. Untuk Anda yang akan dan sedang berkunjung ke Danau Toba jangan lupa untuk menyebrang ke Pulau  Samosir.  Ada beberapa objek wisata yang Anda akan lihat disana, seperti Desa (Huta) Sialagan yang terkenal dengan kursi persidangan (tempat pelaksanaan hukuman mati bagi para penjahat dimasa kekuasan Raja Sialagan. Ada juga Simanindo Ambarita yang terkenal dengan batak dance dan musiumnya. Bagi Anda yang menginap di hotel tuktuk bisa menyewa sepeda dan pergi ke Tomok untuk melihat Makam Raja Sidabutar  (Raja Tomok yang terkenal dengan kesaktiannya).

Akses  Menuju Danau Toba dan Pulau Samosir

Nah, bagi  Anda yang ingin berkunjung ke DANAU TOBA, Jika menggunakan kapal udara Anda bisa mengunjungi kota Medan yang menjadi ibukota Sumatera utara terlebih dahulu. Dari kota Medan menuju DANAU TOBA dapat Anda tempuh dengan perjalanan darat dengan waktu kurang lebih sekitar 4 jam untuk tiba di Parapat Danau Toba dengan menggunakan transportasi darat. Parapat sendiri merupakan sebuah kota pintu gerbang masuk dari Danau Toba menuju Pulau Samosir, Di sini akan dapat menemukan banyak hotel untuk tempat Anda menginap.

Selanjutnya dari Parapat Anda bisa menyeberang menuju pulau SAMOSIR  dengan menggunakan kapal kayu atau seedboat melalui Pelabuhan Tigaraja Parapat (kapal penumpang).  Bagi yang menggunakan kenderaan roda empat (mobil) harus melewati kota Ajibata yang berjarak sekitar 1 km dari Parapat. Disana Anda dapat menemukan kapal ferri untuk membantu penyeberangan anda setiap 2 jam sekali. Di pulau Samosir Anda dapat menemukan sebuah kota wisata Tomok. Jika anda menggunakan kapal ferri sebagai media penyeberangan, Anda akan sampai di kota kecil ini. dan jika Anda menggunakan boat, maka anda dapat langsung menuju hotel yang menjadi pilihan anda di kawasan Tuktuk Pulau Samosir yang berjarak tidak terlalu jauh dari kota Tomok. Di Tuktuk anda dapat menemukan banyak penginapan sesuai dengan harga yang berpariariasi.