BERKUNJUNG ke Sumatera Utara, tak lengkap rasanya bila tak mampir ke Danau Toba. Ya, danau terbesar di Asia Tenggara itu memang sudah tak asing bagi masyarakat Indonesia bahkan di dunia internasional. Berikut ini ada 9 (sembilan) alasan yang patut Anda pertimbangkan untuk berkunjung ke Danau Toba bersama PT. AULIA WISATA HOLIDAYS.  

Kami menyebutnya  dengan  Toba Muslim Tour


Panjangnya 100 kilometer dan lebar 30 kilometer. Danau Toba merupakan danau terbesar di Asia Tenggara. Luasnya melingkupi tiga kabupaten: Karo, Simalungun dan Dairi. Dari Kota Medan, Danau Toba berjarak 175 km. Butuh waktu sekitar 4-5 jam dari Medan untuk sampai ke danau indah ini. Di danau yang berhawa sejuk itu, kita bisa berenang dan memancing. Bagi Anda yang ingin menyusuri danau dengan mendayung sampan atau speed boat, bermain ski bisa menyewa peralatan dari warga setempat. Kita akan menikmati danau ini di hari pertama kunjungan dan menginap satu malam di hotel bintang tiga.

Apa yang menyebabkan Danau Toba tercipta? Para ahli meneliti, danau ini terbentuk sekitar 75.000 tahun silam, pasca ledakan dahsyat gunung berapi. Ledakan ini memuntahkan isi perut bumi dan debu vulkanik yang mengapung ke udara  sejauh 10 km di atas permukaan laut. Debu vulkanik yang ditiup angin menyebar hingga ke separoh bumi, meluas dari Cina sampai ke daratan Afrika Selatan. Letusan dahsyat ini juga menyebabkan terbentuknya kaldera yang kemudian terisi oleh air dan kini dikenal dengan sebutan Danau Toba. Jadi, bisa dimaklumi kalau danau ini jadi danau terbesar di Asia Tenggara. 

Danau Toba memiliki keunikan karena di tengah-tengahnya   terdapat sebuah pulau berbukit-bukit. Namanya, Pulau Samosir. Terbentuk akibat tekanan magma yang tak sempat keluar pasca ledakan gunung berapi purba terjadi. Untuk mencapai pulau ini, kita akan menyeberang menggunakan ferry selama 45 menit. Pulau ini dipercaya sebagai asal muasal Suku Batak dan masih terdapat perkampungan alami masyarakat suku Batak. Di Desa Tomok, misalnya, masih terdapat sebuah makam kuno yang dipercaya masayarakat setempat berisi jasad Raja Sidabutar. Di Desa Ambarita, terdapat kursi batu yang dijadikan tempat eksekusi warga yang melakukan tindak kriminal saat diperintah oleh Raja Sialagan.  Banyak kisah menarik tersimpan dalam setiap jengkal tanah di pulau ini. Kunjungan ke Pulau Samosir dijadwalkan pada hari kedua.

3. SIMARJARUNJUNG
 
Ini adalah salah satu titik yang tak boleh dilewatkan saat berkunjung ke Danau Toba. Simarjarunjung merupakan jalur lintas darat yang berada persis di pinggiran danau. Jalur ini sangat eksotik karena menyusuri pinggiran danau dari atas tebing sejauh 20 km.  Sepanjang perjalanan, mata kita akan dimanjakan oleh pemandangan hamparan biru nan luas Danau Toba. Sambil menikmati pemandangan, kita juga bisa menikmati minuman hangat terbuat dari teh jahe dan menyantap pisang goreng khas yang dijajakan pedagang lokal di sekitar lokasi.
Di Simarjarunjung kita juga akan mengunjungi Museum Rumah Panjang Raja Purba, rumah yang dihuni turun-temurun oleh keluarga Raja. Rumah ini memiliki sejarah yang unik. Sang raja orang sakti. Konon, memiliki 24 istri yang tinggal serumah dengan sang raja. Kunjungan yang menarik ini akan kita jalani pada hari kedua.

4. SIPISO-PISO: AIR TERJUN TERTINGGI DI INDONESIA

Ya, inilah air terjun tertinggi di Indonesia. Berada di sisi utara Danau Toba. Dari ketinggian tebing kehijauan setinggi 120 meter, air deras mencurah dari sisi tebing yang dipadati pohon pinus. Air Terjun Sipiso-piso berasal dari sungai bawah tanah yang mengalir melalui sebuah gua di sisi kawah Danau Toba. Tentu kita tak hanya bisa melihat air terjun itu dari kejauhan namun juga bisa bermain dengan derai sejuknya air terjun secara langsung. Kita akan menyusuri tangga batu yang bisa ditapaki menuju air terjun ini.

5. BERASTAGI: SURGA BUAH

Paket perjalanan ke Danau Toba juga menyinggahi kawasan berhawa dingin Berastagi. Jaraknya sekitar 66 km dari Kota Medan. Berastagi diapit oleh dua gunung berapi: Gunung Sibayak dan Sinabung. Realitas geografis ini menyebabkan kawasan Berastagi subur sebagai daerah penghasil buah, bunga, sayuran terbesar di Sumatera Utara. Kita bisa berbelanja di Pasar Buah Berastagi. Bermacam jenis buah tersedia. Yang unik, misalnya Terong Belanda. Kenapa ada nama Belandanya? Nah, Anda akan mengetahuinya saat berada di Berastagi.

Di Berastagi juga terdapat beberapa bangunan menarik yang untuk dikunjungi. Misalnya, Pagoda Lumbhini, replika Swedagon Wat Vietnam, Museum Pusaka Karo, dan Gereja Inkulturatif Santo Fransiskus Asisi. Bagi yang ingin berkeliling kota Berastagi, bisa menyewa bendi atau menunggang kuda yang disewakan oleh warga setempat.
  
6. SIANTAR: PUSAT OLEH-OLEH

Kota ini merupakan salah satu kota yang unik di Sumatera Utara. Selain tersohor dengan armada becak motor besar sisa masa kolonial Belanda yang masih wira-wiri di jalan raya, kota ini juga tempat menarik disinggahi untuk berbelanja makanan ringan khas khas setempat. Makanan itu disebut dengan teng teng, tong tong dan ting ting. Bingung kan? Ini adalah sebutan  untuk makanan yang terbuat dari kacang. Rasanya? Hmmm, silakan Anda cicipi langsung. Kita akan singgah di kota ini pada hari pertama dalam perjalanan menuju Danau Toba. 

7. KOTA MEDAN: PELANGI ETNIK  

Puas mengelilingi Danau Toba dan kawasan alam eksotik lainnya, belum lengkap jika tak menyusuri pesona Kota Medan. Sebagai ibu kota provinsi, kota ini juga menyimpan sejumlah destinasi wisata menarik. Kota Medan adalah kota yang dihuni multi etnik dan agama. Ini merupakan pelangi sosial yang unik. Kita akan mengunjungi Istana Maimon, singasana Raja Deli tempo doeloe yang masih terpelihara dengan baik. Selain itu kita juga mengunjungi Kuil Dewi Kwan Im, Wood Gallery, Gereja Velangkany, Grand Mosque, Vihara Gunung Timur dan Kuil Hindu Sri Mariaman. Perjalanan berkeliling Medan dilaksanakan pada hari ketiga.

Masih di Kota Medan, bagi Anda yang ingin berbelanja untuk oleh-oleh khas Medan, kita akan mengunjungi pasar tradisional: Pusat Toko Batik dan Pasar Ikan Lama  dan Medan Mall. Di malam hari, kita akan menikmati suasana hangat kawasan utama Medan seperti Merdeka Walk, City Hall, dan Post Office.

8.  KULINER

Selama kunjungan ke Danau Toba dan kawasan lainnya, menu makanan Anda juga menjadi prioritas kami. Menu makanan yang tersedia dalam paket wisata ini melingkupi Masakan Padang, Masakan China dan Menu Internasional. Di antaranya,  adalah nasi, rendang, sambal kari hati, gado-gado, aneka sup, angsio tahu jepang (tumis tahu dan sayuran), tiram hijau dengan saus mustard, kangkung terasi, sup tahu, ayam rika-rika, sapo tofu (tumis sayuran dan tahu dengan saus). Semua hidangan ini dilengkapi dengan buah-buahan.

9.  PERJALANAN ANDA LEBIH BARAQAH

Kami merupakan  pelopor agen perjalanan layanan penuh di Medan, Sumatera Utara berdasarkan Wisata Halal atau WISATA Halal. Tujuan kami adalah untuk menyediakan paket tour di pusat-pusat wisata utama Sumatera Utara, sesuai dengan keyakinan dan praktik Islam. Layanan kami mencakup pedoman makanan halal dan minuman di restoran menggunakan bahan-bahan halal, tidak ada daging babi, alkohol, dll, kami juga akan memilih restoran yang tepat sehingga dapat menikmati pengalaman bersantap yang nyaman. Kami juga akan menjamin waktu shalat (shalat) selama program tour berlangsung.
Kami berharap dapat membantu wisatawan muslim yang ingin melakukan perjalanan ke Sumatera Utara dan sekitarnya. Insya Allah.




Address:
Jl. Pembangunan IV No. 116 Medan, Sumatera Utara 20125
Tlp. (061)  8456745

Contact: 
email: info@tobamuslimtour.co.id/ tobamuslimtour@gmail.com
facebook: Toba Muslim Tour

ym: tobamuslimtour@yahoo.com
m/whatshap: 081370134573             
bbm: 51f5302d